• 23

    Apr

    Datang 'On Time' Itu (Tidak) Salah

    Beberapa waktu yang lalu tiba-tiba aku ditugaskan oleh kantor untuk ikut training Samsung Mobile di Paparonz Pizza, Denpasar. Langsung yang ada di pikiranku adalah nanti bakal dapat pizza gratis. Entah kenapa aku malah fokus ke pizzanya daripada ke trainingnya, hehe.. Hari yang ditentukan pun tiba, tepatnya di hari selasa. Jadwal trainingnya adalah jam 10.30 Wita. Namun sejak pagi hari di selasa tersebut hujan menyapa bumi tanpa henti. Jam 10 aku mulai berangkat ke kantor sebelum ke tempat training, sekalian berangkat bareng dengan temenku entar. Keadaan di luar masih hujan ketika waktu sudah menunjukkan jam 10.15 wita. Terpaksa aku dan temenku menerobos guyuran hujan menuju lokasi training. Sampai di Paparonz ternyata belum ada satu pun undangan yang datang, padahal udah mau jam 10.30
  • 16

    Mar

    Nyepi di Bali

    Alarm hpku tiba-tiba menjerit keras mengagetkan dan membangunkan tidurku pagi tadi sebagai penanda jam sudah menunjukkan pukul 05.00 WITA. Segera aku terbangun, dengan perasaan agak malas aku matikan alarm hpku tersebut. Dari luar kamar kostku yang berada di lantai 2 ini sayup-sayup terdengar lantunan ayat-ayat suci Al Quran jelang adzan Subuh. Dengan mengumpulan tenaga dan memori yang masih belum full karena baru bangun tidur, aku langsung teringat klo hari ini adalah hari libur nasional Nyepi. Mungkin jika di tempat lain bisa menikmati hari libur ini dengan liburan, maka tidak dengan di tempatku, Bali. Segera kubuka sedikit gorden kamarku untuk memastikan apakah di luar sana masih ada yang rumahnya menyalakan lampu, ternyata ada beberapa. Langsung aja aku nyalakan juga lampu kamar kost
  • 23

    Jan

    Semuanya Itu Mungkin, JIKA Mau..

    Hampir seminggu ini aku bisa browsing internetan melalui PC. Padahal biasanya aku tuch 90 % internetan melalui Opera Mini di hp jadulku. Dan meskipun aku tidak punya PC pribadi -apalagi laptop- aku harus bersyukur dan sangat berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah dengan sukses membuat aku bisa browsing internetan melalui PC. Beda, sangat beda malah dibanding internetan di hp. Di PC lebih menarik dari segi tampilan karena lebih luas, meskipun gak bisa dibawa kemana-mana layaknya internetan di hp. Yang lebih penting lagi adalah aku bisa menikmati ini secara gratis. Kok bisa gratis? Adalah sebuah kebiasaanku untuk selalu-singgah di perpustakaan daerah di manapun aku-berpijak. Dan beruntungnya aku adalah bahwa di perpustakaan milik pemprov Bali menyediakan free hotspot dan 1 buah PC y
  • 17

    Jan

    Kehidupan Ini ...

    Ada sebagian orang, yang karena tidak kuat atau kurang kuat menjalani hidup, akan menyimpulkan klo hidup itu hanyalah berisi 2 jawaban, untung dan kurang beruntung (rugi). Mereka memandang orang yang beruntung adalah orang yang menjalani hidupnya dengan baik dan hampir sempurna. Sedangkan yang kurang beruntung atau rugi diwajibkan untuk berupaya lebih keras lagi. Beruntung dan kurang beruntung, itukah hidup? Ya seperti itulah hidup bagi mereka-mereka yang memandangnya dengan sebelah mata yang tertutup, tanpa melihat orang-orang dibawahnya terlebih dahulu. Sehingga muncul sebuah pertanyaan lagi, lalu apa sebenarnya hidup? Mengapa harus ada orang-orang yang untung dan ada orang-orang yang rugi? Dan jawabannya adalah untung ataupun rugi itu hanyalah SEBUAH KESEMUAN BELAKA, kesemuan yang dila
  • 11

    Jan

    Jadi Orang Desa Sekaligus Orang Kota

    Satu bulan ke belakang ini aku seperti merasa hidup di dua-alam-yang-sangat-berbeda. Yakni alam pedesaan dan alam perkotaan. Suatu waktu aku bisa berada di alam pedesaan yang sangat tenang, damai, dan tentunya dengan hijaunya pesawahan lengkap dengan kicauan burung-burungnya. Dan di suatu waktu yang lain, dengan selang waktu 1 jam, aku bisa dengan segera berada di tengah perkotaan antara deretan gedung-gedung percakar langit yang sangat ramai, polusi, macet, dan orang-orangnya yang supersibuk dan serba buru-buru (termasuk aku, hehe..). Keadaan seperti ini memaksaku untuk harus-selalu-bersyukur, karena tidak banyak orang yang bisa seperti ini, sebentar berada bisa dengerin lembutnya kicauan burung, selang sejam udah berada terjebak kemacetan plus polusinya tentu. Desa yang aku maksud ada
  • 6

    Dec

    Maka Bersyukurlah Atas Segala Nikmat-Nya !!

    Waktu pulang kampung Lebaran Idul Fitri 1430 H kemarin, ketika sedang ada di rumah makan aku iseng-iseng bertanya kepada ibuku tentang Surat Alqur’an apalagi yang harus sering dibaca selain Surat Yasiin. Ibuku waktu itu menjawab agar aku juga sering-sering membaca Surat Ar Rahman dan Al Waqi’ah. Dan ketika cinta bertasbih udah balik ke Denpasar lagi aku segera mencoba membaca Surat yang dianjurkan ibuku tersebut. Aku cari-cari Surat Ar Rahman, akhirnya ketemu :) (seneng sekali pas ketemu.. si Dia) Aku pun jadi sering membacanya. Dan aku baru tahu klo ternyata di Surat Ar Rahman ada sebuah ayat yang diulang-ulang, dan jika dihitung ayat tersebut diulang sebanyak 31 kali. Yaitu ayat yang berbunyi “Fabiayyi li Rabbikum tukadzdzibn”. Aku pun akhirnya penasaran dengan m
  • 21

    Jun

    PERJALANAN-KU

    Jam di ponselku masih menunjukkan 18.12 ketika aku mulai memasuki titik akses utama Jembatan Suramadu sisi Madura, tepatnya di daerah Tangkel, Bangkalan. Mobil travel yang aku tumpangi pun melaju dengan kecepatan normal melintasi jalan yang masih mulus ini. Kira-kira setelah 10 menit berlalu, tampaklah tiang utama jembatan terpanjang se-Indonesia ini. Bangkalan-Denpasar sangat tidak dekat, perjalanan masih jauuuh. Akhirnya travel kita sampai juga di gerbang tol Suramadu sisi Madura, dan dalam sekejap kita sudah mulai bener-bener berada di atas Jembatan Suramadu. Aku lihat ponselku menunjukkan jam 18.25, kita pun mulai menyeberangi lautan dengan jembatan ini, baru kali ini aku menyeberangi lautan memakai jembatan. Jembatannya sungguh keren dan luar biasa. Akhirnya selesai juga melewati jem
  • 6

    Jun

    Alasan Yang Jangan Ditiru

    Suatu hari di dalam ruangan kampus ketika dosen lagi serius menerangkan materi, tiba-tiba pintu digedor. Pertanda ada mahasiswa yang datang, dan otomatis langsung termasuk dalam kategori terlambat. Setelah dipersilakan masuk, sang Dosen dan si anak didiknya tersebut, terciptalah sebuah obrolan : Dosen : “Anda ini selalu datang terlambat, apa alasan sehingga hari ini kamu datang terlambat dan saya bisa menerima alasan Anda?” Mahasiswa : “Begini Bu Dosen, sebenarnya Saya hari ini tidak datang terlambat, tapi ibu Dosen aja yang masuk kelasnya duluan, sehinga secara tidak langsung Saya dikategorikan terlambat “ Dosen : “#@$#%^&*%$#@$” NB : Meskipun aku mahasiswa dan yang menulis, tapi itu bukan aku yang mengalami. Dan jangan pernah menggunakan alasan te
  • 21

    May

    Hidup Adalah Belajar

    Setelah tiap hari menjalani rutinitas kerja dan kuliah, akhirnya aku tersadar kalau hidup adalah belajar. Bukan asal belajar, tapi bener-bener belajar. Tentunya belajar dalam arti yang positif. Sebenarnya belajar itu mudah, karena cuma ada 2 cara. Mencari teladan yang baik, lalu mengikutinya. Atau mencari contoh yang tidak baik, lalu kita menghindarinya. Belajar yang sesungguhnya adalah berusaha memaknai kehidupan serta memberi manfaat bagi sesama. Tidak jarang aku hanya mengakhiri hari tanpa memetik pelajaran di hari tersebut. Padahal tidak sedikit sumber tempat kita belajar tiap hari. Belajar Dari Pengalaman. Kata pepatah pengalaman adalah guru yang terbaik. Belajar dari pengalaman adalah sebuah pembelajaran yang paling mudah. Karena setiap pengalaman, apapun itu, secara otomatif m
  • 19

    May

    Bukan Beban, Tapi Tanggung Jawab

    Waktu di dunia ini berputar 24 jam sehari, sepanjang 24 jam tersebut, ada sebagian orang yang merasa kelebihan waktu, dan tidak sedikit pula yang merasa jatah rata 24 jam tersebut masih belum cukup. Pernah aku baca di internet kalau di Jepang sana ada cafe yang buka 26 jam, apa tidak aneh? Belakangan ini aku lama tidak posting dan tidak blogwalking. Bukan karena apa, tapi karena belakangan ini aku sedang tidak punya banyak waktu luang. Bulan Mei ini hari-hariku bener-bener padat merayap. Aktifitasnya hanya diisi dengan mengerjakan tugas kampus yang banyak, ditambah lagi deadline tugas di tempat kerja, lengkap sudah. Aku minta maaf karena belum bisa kunjung balik ke blog temen yang berkunjung ke blogku. Disela-sela mengerjakan tugas kampus, aku sempetin untuk posting. Meskipun kepala ini
  • 13

    May

    Bike To Work, Go !!

    Sekarang ini hampir di semua kota besar ada komunitas bike to work, sebuah alternatif yang patut ditiru untuk mengurangi tingkat polusi udara di kota besar yang semakin menggila. Tumbuhan yang ada sudah tidak cukup mengimbangi jumlah polusi yang ada. Apalagi sekarang sudah amat jarang tumbuhan yang ada di sepanjang jalan kota-kota besar, akibatnya keteduhan dan kerindangan menjadi hilang tanpa bekas, digantikan oleh panas. Yang ada malah tingkat polusi yang semakin pekat. Mungkin kita harus belajar sama orang asal Jepang ini yang sudah membuktikan diri bersepeda keliling dunia selama 11 tahun. Kita tidak perlu keliling dunia seperti dia untuk bisa membuktikan kepedulian kita terhadap lingkungan. Cukup dengan menjaga keseimbangan lingkungan aja, salah satunya dengan ikut program bike to w
  • 3

    May

    Apakah (31 - 23 = 8) Dan (28 - 23 = 5) ?

    Ya jelaslah, secara matematis 31 - 23 = 8 Dan 28 - 23 = 5 Apakah Partai Demokrat - Partai Golkar = PKS ? Apakah setelah SBY-JK bercerai, akan lahir SBY-HNW ? Apakah PDIP - Golkar = Gerindra ? Apakah setelah PDIP-Golkar batal berkoalisi, akan lahir koalisi PDIP-Gerindra ? May be yes, may be no. Liat aja nanti. *sebuah analisa ngawur :) *atau sebuah kebetulan? (Kebetulan yang aneh) :D
  • 30

    Apr

    Absensinya Belum Ada

    Beberapa hari yang lalu, jam 08.45 waktu hpku, aku udah berangkat kerja ke kantor. Agak buru-buru sich karena jam 09.00 udah masuk. Sampai di kantor sich emang gak telat, tapi ternyata malah absensinya yang belum siap atau sengaja tidak disiapin aku juga gak tahu. Kita absennya menggunakan tanda tangan, jadi ada terkadang temenku yang titip absen ke temen yang lain. Dengan belum siapnya absensi ini aku sich biasa aja, karena yang terpenting aku tidak datang terlambat. Tapi bagi sebagian temenku, absensi yang belum siap ini seperti sebuah petaka. Ada yang ngomel percuma datang gak telat. Ada lagi yang ngomel percuma masuk kalau gak diabsen. Yang lebih parah temenku yang dititipin absen oleh temennya. Jelas sudah kalau mereka bekerja tidak sepenuh hati, dan loyalitas mereka patut dipertany
  • 22

    Apr

    Tidak Harus "Hijrah"

    Di kost aku punya 3 temen yang berasal dari Lombok. Suatu malam 1 diantara 3 temenku ini ngobrol dengan aku. Temen : “Habis kuliah ini kamu mau kemana? Ke Malang yuk?” (Kita beberapa bulan lagi akan lulus, jadi udah pada mikir mau kemana dan ngapain setelah lulus. Aku sich yang berasal dari Jatim, oke-oke aja sich diajak pindah ke Jawa asalkan semuanya jelas) Aku : “Emang kalau tetep disini kenapa? Cari kerja disini gitu”. Temen : “ah disini biaya hidup mahal, kalau di Jawa kan murah”. (Memang aku akui biaya hidup di Bali ini lebih mahal) Aku : “Tapi meskipun biaya hidup disini mahal, buktinya kamu masih bisa bertahan sampai detik ini. Kalau kamu ke Malang berarti kamu siap mengambil resiko apapun di Malang entar?” Temen : “Iya aku si
  • 17

    Apr

    Bahagia Karena Berbagi

    “No one has ever become poor by giving” (Anne Frank). Benerkan apa yang dikatakan Anne Frank? Aku sich setuju banget. Kita gak bakal jatuh melarat dan miskin hanya karena sedikit merelakan harta kita bagi mereka yang membutuhkan. Lagipula kita kan gak menyerahin semua harta yang kita punya. Bahkan dengan berbagi kepada mereka yang membutuhkan, harta kita akan berlipat ganda, yach paling tidak jiwa kita yang akan bertambah “kaya”. Bukankah tangan yang diatas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Berbagilah selagi kita masih bisa berbagi. Mendapatkan kebahagian itu “mahal” harganya, tetapi jika kita mengetahui sedikit triknya, kita bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif “murah”. Caranya? Berbagilah. Dengan berbagi, berarti kita tel
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post